Jumat, 08 Februari 2013

Cara mencatat pelajaran yang benar

Diposkan oleh Dynad Vil di 05.11
bagi sebagian orang mungkin sedikit susah untuk mencatat pelajaran yang dijelaskan guru kepada mereka.apalagi kalau guru itu sendiri kalau lagi menerangkan sesuatu pasti terlalu cepat.maka dari itu,gua mau kasih sedikit tips gimana caranya mencatat pelajaran yang benar agar kita tidak ketinggalan mata pelajaran beliau.

1.)sebelum guru yang dituju datang,siapkan buku catatan dan pulpen terlebih dahulu.jika tulisanmu sedikit berantakan,tulis di buku tebal yang bisa memuat berbagai macam pelajaran,setelah selesai dicatat baru dipindahkan ke buku catatan dengan tulisan yang rapih.
2.)kalau guru sedang menerangkan,perhatikan baik-baik.dalam mencatat pelajaran yang sedang guru terangkan itu penting.jika tidak,kita tidak akan bisa tau lebih jelas tentang bab berapa/apa yang diterangkan guru itu tadi.
3.)ambil inti/pokok dari penjelasan yang guru terangkan tadi.jangan semua kata-katanya ditulis ke dalam buku.ini bisa membuat catatannya menjadi penuh dengan tulisan yang tak diperlukan.
4.)kalau masih belum jelas atau pelajaran yang diterangkan tadi belum kedengaran dengan jelas,tanyakan langsung kepada guru langsung tentang pelajaran yang dibahas tadi.
5.)jika gurunya ga mau diganggu,saat guru sedang menerangkan lebih baik merekam penjelasan guru tersebut dengan handphone.lalu setelah sampai rumah terapkan cara yang ke 1 sampai ke tiga tadi.
6.)kalau gurunya killer?rekam saja secara diam-diam.ini demi pelajaran juga,kan.kalaupun ketahuan sama gurunya,bilang saja kalau kita ini ingin merekam suara bapak/ibu biar saat sampai di rumah bisa mencatat apa yang ibu/bapak terangkan tadi.bilang saja jujur seperti itu kalaukamu mau menjadi orang yang rajin dan pinter daripada kita berbohong.
      dan satu lagi,kalaupun misalkan ditanya kenapa pake merekam suara ibu/bapak?kalau misalkan cara menerangkan pelajarannya terlalu cepat bilang saja begitu,atau karna takut mengganggu bapak/ibu juga bilang saja begitu.kalau misalkan gurunya killer?ya kita,kan mesti berkata jujur seperti itu biar guru killer/guru yang dituju juga mengerti masalahnya.niat kita ke sekolah untuk belajar,mengerjakan tugas dan mencatat,kan?jadi ga peerlu takut dimarahin,karna tujuan kita yang sebenarnya memang baik dan mulia.
7.)jika sudah dicatat jangan lupa untuk dipelajari di rumah agar bisa mendapatkan nilai yang bagus dan mendapat tambahan pengetahuan.

     sekian tips dari gua ini.mungkin ini ga sedikit,ya tapi mudah-mudahan tips ini berguna untuk kalian semua terutama bagi yang masih sekolah seperti SMP,SMA dan KULIAH.terimakasih karna sudah mengunjungi blog gua ini.

0 komentar:

 

Share Everything For You Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos